Wednesday 12 August 2020

Review Buku Paul Bunyan dan Babe, the Blue Ox

 



Sebelum radio, TV, dan internet menjadi King of entertainment, orang-orang masih mengandalkan storytelling sebagai media hiburan yang menyenangkan. Salah satu cerita yang cukup dikenal adalah Paul Bunyan. Dongeng 'tinggi' yang terbesar sepanjang sejarah, hingga 200 patung Paul Bunyan dapat dijumpai di sepanjang jalan di Amerika  Serikat. Menakjubkan, ya!

Kisah Paul Bunyan ini dikenal sebagai kisah bayi yang sangat besar hingga  tinggi tubuhnya bisa melebihi pucuk pohon dan lebar bahunya bisa melebihi rumah.

Legenda Paul Bunyan yang mulai beredar di hutan utara ini telah ada sejak seribu tahun. Legenda ini bahkan setinggi Bunyan, hingga terkenal di penjuru dunia. 

Cerita Paul Bunyan dimulai dengan kehadiran bayi yang sangat besar. Butuh 6 ekor bangau untuk membawa bayi Bunyan ke rumah orang tuanya di Maine. 

Saat bayi Bunyan tiba, sang ibu menangis bahagia. Ia begitu cinta dengan bayi cantiknya yang besar dan kuat ini. Tapi, saat ibu Bunyan ingin menggendong tubuh bayi Bunyan, ia terperosok ke dalam tanah hingga sepinggang. Itu terjadi karena bobot bayi Bunyan yang luar biasa.

Bayi Bunyan selalu lapar. Ia juga membiarkan semua orang mengetahui perasaan laparnya. Tangisannya yang keras itu memekakkan telinga. Suaranya bahkan dapat memecahkan kaca mata seseorang yang jaraknya sejauh 5 mil. 

Saat burung bangau membawa bayi Bunyan, ia mengenakan popok dari karung kentang. Dalam sebulan tubuh bayi Bunyan telah melebihi ayahnya. Bayi Bunyan mengenakan baju yang dijahit ibu dari selimut, dan celana dari bahan tenda.

Pertumbuhan Bunyan yang pesat menjadikan rumah Bunyan terlalu kecil bagi Bunyan. Lalu, ayah Bunyan membangun tempat tidur khusus buat Bunyan di ruang barn yang sangat besar. 

Selanjutnya, Bunyan kecil terjaga saat tidur dan bermain ke laut. Kecipak tangan Bunyan menyebabkan ombak laut yang tak biasa. Bunyan kecil yang menepi ke pantai pun menyebabkan air laut meluap. Perkampungan pun kebanjiran dan penduduk marah. Mereka meminta keluarga Bunyan untuk membesarkan Bunyan di tempat lain saja.

Keluarga Bunyan pun berusaha menjual rumah dan mencari lokasi baru untuk tinggal. Bunyan yang mengetahui kebingungan orang tuanya berkata, "Bagaimana jika rumah ini kita pindahkan? Daripada membangun rumah baru." Melihat keraguan ayahnya, Bunyan tersenyum dan mengangkat rumah mereka di lokasi dekat danau yang jauh dari pemukiman warga.

Meskipun kondisi Bunyan yang berbeda dari anak kebanyakan, keluarga Bunyan begitu mencintainya. Ia tumbuh jadi anak yang besar dan kuat. Melebihi orang dewasa.

Bunyan kecil yang selalu penasaran dengan lingkungannya itu tertarik dengan bunyi dentuman yang berasal dari danau yang membeku. Ia melihat warna kebiruan dari danau, dan berusaha mencari tahu tentang hal itu. Ia menggali dan menggali. Hingga bertemulah ia dengan kerbau besar yang berwarna biru. Mereka pun bersahabat. Bunyan menamainya Babe, the blue ox. Di sinilah kisah persahabatan dan petualangan Bunyan dan Babe dimulai.

Saat usia Bunyan 17 tahun, ia dan Babe melakukan perjalanan untuk memulai hidup mandiri. Bunyan bersama Babe membuka usaha penebangan kayu di hutan. Ia merekrut penebang kayu dengan kualitas- kualitas tertentu, seperti: bertubuh besar dan kuat. Mereka bekerja keras setiap hari, dan mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar. Hal yang mengakibatkan koki harus masak besar sepanjang hari. Ini juga yang menumbuhkan resep enak ala penebang kayu. 

Kelebihan buku

Buku bergsmbar setebal 32 halaman ini cocok dibaca untuk segala umur. Illustrasi gambarnya pun eye-catching hingga bikin aku senang membacanya. Selain pesan moral yang dalam yaitu bahwa cinta orang tua pada anak itu tak berbatas. Tak peduli seperti apa pun keadaan anaknya.

Kita juga jadi menyadari bahwa kerja keras itu dapat meningkatkan potensi sukses kita. Tak ada yang tidak mungkin. Sebagaimana usaha itu tak akan pernah bohong.

Bandarlampung, 12 Agustus 2020

No comments:

Post a Comment

And The Mountains Echoed: Harapan dalam Keputusasaan

Manaar tergeletak di kasur tipis, butut dan bau   di antara kasur-kasur serupa di ruangan sempit itu. Tubuhnya kurus dengan benjolan membesa...